Laman

c

Selasa, 23 Desember 2008

Muslim Florida Memenuhi Panggilan Anda



Altaf Ali
Ft. Lauderdale, Florida – Lebih dari beberapa tahun terakhir, gambaran Islam dan Muslim telah jatuh ke jurang kesalahpengertian paling dalam. Pihak Muslim yang telah membajak keyakinan kita dan mengambil tempat di barisan depan dan panggung utama tidak memperlihatkan keinginan akan perdamaian yang dirasakan oleh kebanyakan penganutnya, dan yang sebagian besar telah merasa tersinggung dan terluka, tidak hanya oleh umat agama lain tetapi juga oleh umat Islam sendiri.

Kecenderungan ini berjalan terus tak berhenti dan mereka yang sunggung-sungguh menganut agama Islamm serta mencoba untuk berbicara menentang terorisme telah terpinggirkan. Suara mereka, walaupun keras dan jelas, tidak terliput oleh media arus utama.

Serangan-serangan teroris di ibukota keuangan India Mumbai minggu lalu, yang menyebabkan sekurang-kurangnya 174 orang meninggal dunia dan lebih banyak lagi yang terluka, telah menambah kesengsaraan kolektif kita.

Sudah saatnya bahwa warga Amerika Muslim memastikan agar suara kita terdengar dan mendefinisikan agama kita bagi kita sendiri. Sebagai Muslim dan sebagai orang Amerika, kita tidak seharusnya pernah membiarkan kelompok-kelompok teroris dengan seenaknya menyatakan bahwa mereka mewakili kita atau Islam. Selanjutnya untuk menolak dan mengutuk segala bentuk terorisme dan ekstremisme keagamaan, kita harus mengambil suatu kedudukan yang proaktif dalam menggambarkan agama kita secara tepat.

Kita warga Muslim Amerika berhutang kepada sesama saudara kita bangsa Amerika untuk menenangkan rasa takut mereka. Adalah kewajiban moral dan etis kita untuk membiarkan kawan, tetangga, dan rekan kerja kita mengetahui kebenaran. Kita tidak dapat lagi dipinggirkan.

Dua tahun lalu sebuah film dokumener yang memicu rasa takut Obsesi menyusup ke dalam sinagog-sinagog di Florida Selatan, dan tidak lama sebelum pemilihan presiden tahun ini disebarluaskan kepada para pelanggan koran di negara-negara bagian mengambang dalam suatu usaha untuk memberi umpan kepada rasa takut dan mendorong rasa bersalah akibat hubungan.

Menanggapi pemberian cap dan kesalahpengertian akibat prakarsa-prakarsa tersebut, pada 25 November lalu masyarakat Muslim di Florida Selatan memulai sebuah proyek bersejarah dan meluncurkan Kampanye Iklan Bus.

Prakarsa ini menawarkan sesama warga Amerika kesempatan untuk mempelajari kebenaran tentang Islam.

Selama delapan minggu, sistem transit wilayah Dade County dan Broward County akan menampilkan iklan berwarna tentang Islam di sisi-sisi 120 bus lokal. Warga Florida dari segala agama diundang untuk menghubungi 1-888-ISLAM- 55 atau mengunjungi situs web www.CallingIslam. com untuk menemukan informasi yang akurat tentang Islam dan Muslim.

Walaupun kami telah bersuara, banyak saudara kami sebangsa Amerika belum pernah mendengarkan kami; sekarang mereka bisa. Proyek ini menciptakan sebuah jalan bagi dialog dan persahabatan. Melalui sebuah garis komunikasi langsung semua bangsa Amerika akan dapat membuat sebuah keputusan dengan pengetahuan tentang Muslim dan Islam.

Baru hari kedua kampanye seseorang yang sedang kesal, yang teleponnya berakhir pada giliran saya, menanyakan mengapa Muslim ingin menguasai dunia dengan mengubah keyakinan setiap orang ke Islam. Setelah sebuah diskusi 20 menit kami berpisah sebagai teman: seorang Kristen dan seorang Muslim yang menemukan bahwa kami memiliki lebih banyak kesamaan daripada perbedaan. Segala cap telah hilang dan kebenaran terkuak.

Segala niat baik selalu memperoleh tantangan. Tidak hanya akan ada cerita-cerita keberhasilan tetapi juga cerita-cerita kesulitan. Misalnya, penelepon pertama yang berbicara dengan saya begitu penuh dengan kemarahan tentang kampanye tersebut sehingga bahasanya dikotori dengan sumpah serapah.

Kami tidak akan dapat mengubah pemikiran setiap penelepon, tetapi kami akan menciptakan jembatan-jembatan dengan mereka yang tertarik untuk bertukar pikiran.

Harapan kami adalah bahwa warga Florida akan mengalami terpaan kebenaran sejati Islam dan dapat lebih mengerti tetangga-tetangga Muslim mereka melalui kampanye ini, dan yang meletakkan dasar bagi sebuah masyarakat yang lebih rukun, dan mendorong rasa hormat dan pengertian. Yang lebih penting, saudara kami sebangsa Amerika akan tahu bahwa suara-suara ekstremisme berlawanan arah dengan perasaan ratusan ribu Amerika Muslim dan jutaan Muslim di seluruh dunia.

Sembilan puluh sembilan persen dana yang digunakan untuk kampanye ini berasal langsung dari sumbangan-sumbangan warga Muslim di Florida. Cara masyarakat Muslim di Florida Selatan merangkul proyek ini dan mendukungnya sepenuh hati menunjukkan bahwa mayoritas warga Muslim tersebut ingin merengkuh dengan penuh pengertian. Peresmian Kampanye Iklan Bus merupakan sebuah langkah ke arah yang tepat.



* Altaf Ali merupakan direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang Florida. Artikel ini awalnya muncul di Miami Herald dan ditulis untuk Kantor Berita Common Ground (CGNews).

Sumber: Kantor Berita Common Ground, 12 Desember 2008, www.commongroundnew s.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

c

artikel terbaru