Laman

c

Rabu, 14 Oktober 2015

Mengamalkan Basmalah untuk Meraih Sukses dan Berkah

Rasulullah saw bersabda, “Setiap perbuatan penting,  yang tidak dimulai dengan kalimat bismillaahir rahmaanir rahiim, maka perbuatan tersebut cacat (terputus).” (HR As-Syuyuthi). Kalimat basmalah memiliki kandungan makna yang sangat luas dan dalam serta memiliki keutamaan yang sangat besar. Karenanya, basmalah menjadi kunci pertolongan jika dibaca ketika memulai aktivitas. Basmalah merupakan ringkasan atau intisari dari seluruh isi Al-Qur`an. Terdapat banyak hadits dan pendapat ulama yang menerangkan tentang dahsyatnya basamalah ini.

Pengamalan kalimat basmalah sebagai bacaan dzikir, sebanyak dan sesering yang kita mampu, dapat membangkitkan kekuatan ruhani. Dari beberapa keterangan dan pengalaman, terdapat kekuatan internal dalam pengamalan basmalah dan pemaknaannya. Basmalah memberi keberkahan bagi setiap orang yang mengamalkannya sehingga ia mendapat banyak keutamaan dalam hidupnya. Di antaranya sebagai berikut.

Pertama, mendapatkan petunjuk, dicukupi kebutuhan, dan diberi penjagaan. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya mengucapkan, bismillahi tawakaltu ‘alallah, la haula wa laa quwwata illa billah (dengan menyebut nama Allah aku bertawakal, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah) maka engkau telah diberi petunjuk, telah pula dicukupi keperluanmu, jika telah diberi penjagaan, setan pun menyingkir darinya.” (HR Abu Dawud, Turmudzi, dan Nasa’i).

Kedua, meraih kehidupan yang baik (hayatan thoyyibah). Kehidupan yang baik diartikan sebagai kehidupan seseorang yang suasananya berbeda dari kehidupan orang kebanyakan. Kehidupan yang baik diindikasikan oleh perasaan lega, kerelaan, kesabaran dalam menerima berbagai ujian Allah, dan semangat bersyukur yang sangat kuat. Dengan kondisi seperti itu, orang yang ada di dalamnya tidak mengalami ketakutan yang mencekam, atas kesedihan yang melampaui batas. Dalam konteks modern, kehidupan yang baik sepadan dengan kehidupan yang berkualitas (quality of life), baik dalam hal ekonomi, kesehatan, hubungan sosial, partisipasi, pekerjaan, maupun pendidikan.

Selengkapnya: http://ruangkata.com/Latest/mengamalkan-basmalah-untuk-meraih-sukses-dan-berkah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

c

artikel terbaru