Laman

c

Minggu, 25 Oktober 2015

PAHALA ANDA MENGALIR TIADA AKHIR


 
Amazing atau menakjubkan, adalah kata yang pas bagi syanat yang dibuat oleh Allah SWT, salah satunya adalah wakaf. Wakaf begitu menakjubkan seperti dalam sebuah hadis Rasulullah saw, dikatakan sebagai sedekah janyah yang pahalanya mengalir tiada akhir Pahala amalan wakaf melampaui usia hidup yang mengamalkannya.


Wakaf adalah ibadah sosial, dengan wakaf berbagai fasilitas umum untuk kesejahteraanmasyarakat bisa dibangun, seperti wakaf sumur dan sumber mata air. Ini masih bisa dijumpai sampai sekarang di tepi-tepi jalan yang biasa dijadikan lalu lintas jamaah haji yang datang dari Irak, Syam, Mesir, dan Yaman, serta kafilah yang berpergian menuju India dan Afrika.

Di antara sumur-sumur itu, terdapat wakaf sumur Zubaidah, isteri Harun al-Rasyid, khalifah pemerintahan Abbasiyah yang dibangun di abad ke-2 H. "Amazing" 1200 tahun lebih, pahalanya terus mengalir. Termasuk dalam bentuk ini adalah wakaf jalan, jembatan, sarana pembangkit listrik, dan sebagainya.

Semua amal manusia akan terputus kecuali tiga perkara, yaitu : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang selalu mendoakan orang tuanya”“

Dalam ajaran Islam, wakaf merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, Allah SWT. Wakaf secara harfiah bermakna "pembatasan" atau "larangan". Sementara berdasarkan terjemahan bebas Ensiklopedi Tematis Dunia Islam terbitan Ichtiar Baru Van Hoeve (IBVH), wakaf adalah menahan suatu benda yang kekal zatnya, dapat diambil manfaatnya, dan dipergunakan pada jalan kebaikan.

Karena itu, ibadah dalam bentuk mewakafkan harta tertentu tidak sama seperti derma atau sedekah biasa. Wakaf lebih besar pahala dan manfaatnya bagi diri orang yang memberikan wakaf, karena pahala wakaf itu terus-menerus mengalir kepada orang yang berwakaf selama harta yang diwakafkan itu masih bermanfaat dan dimanfaatkan orang.

Berbeda dengan zakat, ibadah wakaf hukumnya sunah, berpahala bagi yang melakukannya dan tidak berdosa bagi yang tidak melakukannya. Di antara ayat-ayat
Alquran yang mendasari ibadah wakaf adalah surat Ali Imran ayat 92 yang artinya: "Kalian sekali-kali tidak sampai pada kebaktian (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."

Lalu sejak kapan ibadah wakaf ini sudah dilaksanakan? John L Esposito dalam Ensiklopedi Oxford: Dunia Islam Modern menyebutkan bahwa ide wakaf sama tuanya dengan usia manusia. Para ahli hukum Islam, menurut Esposito, menyatakan bahwa wakaf yang pertama kali adalah bangunan suci Ka'bah di Makkah, yang disebut dalam Alquran surat Ali Imran ayat 96 sebagai rumah ibadah pertama yang dibangun oleh umat manusia.

Dalam praktiknya, ide wakaf ini telah dikenal di masa sebelum datangnya Islam. Selama beberapa abad, kuil, gereja dan bentuk bangunan lainnya didirikan dan diperuntukkan bagi tempat ibadah. Lebih dari itu, para penguasa Mesir Kuno menetapkan tanah untuk dimanfaatkan oleh para rahib. Sedangkan orang-orang Yunani dan Romawi Kuno menyumbangkan harta benda mereka untuk perpustakaan dan pendidikan.


Pahalanya tak akan pernah berhenti mengalir....
tak akan pernah berhenti mengalir....
tak akan pernah berhenti mengalir....
tak akan pernah berhenti mengalir...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

c

artikel terbaru